Mending Koding - Ngoding Jadi Solusi

First, solve the problem. Then, write the code

Ads Here

Jumat, 23 November 2018

Apa itu codeigniter dan keunggulannya


Apa Itu CodeIgniter dan Keunggulannya



CodeIgniter, Apa Itu?

CodeIgniter adalah framework aplikasi berbasis web yang mengusung model MVC (Model, View, Controller). Salah satu framework PHP ini dapat menjadi tools bagi seorang web developer untuk mengembangkan suatu situs dengan lebih mudah. CodeIgniter bersifat open source(tidak berbayar) sehingga framework PHP ini dapat dengan mudah Anda dapatkan.
CodeIgniter memiliki sejumlah kelebihan yang membuat para web developer mempertimbangkan untuk memilih framework PHP ini dibandingkan dengan framework PHP lain. Namun, sebelum membahas mengenai keunggulan dari CodeIgniter, ada baiknya Anda mengetahui penjelasan tentang definisi framework dan konsep MVC terlebih dahulu.

Definisi Framework

Framework adalah sekumpulan instruksi yang digabungkan dalam suatu wadah untuk mempermudah web developer dalam melakukan pemrograman. Dengan framework, web developer dapat melakukan pemrograman secara efektif dan efisien dari segi waktu dan pekerjaan.

Konsep MVC

MVC adalah suatu cara untuk mengembangkan suatu aplikasi atau situs dengan memisahkan tiga komponen yaitu ModelView, dan ControllerModel merupakan bagian struktur data. Pada umumnya di dalam model terdapat fungsi-fungsi yang dapat membantu tugas web developer dalam mengelola data seperti menambahkan dan memperbaharui data.
View adalah komponen yang dapat mengatur tampilan suatu situs kepada para pengguna. Sedangkan Controller merupakan bagian yang mengintegrasikan model dan view. Pada bagian ini terdapat instruksi-instruksi guna mengolah suatu data dan mengirimkannya ke halaman web.

Baca Juga: 5 Keuntungan Menggunakan Cake PHP

Keunggulan CodeIgniter

1. Performa yang Cepat

Framework ini diklaim memiliki performa yang cukup cepat dibandingkan framework-framework seperti Cake, Symfony, Yii, dan Laravel. Oleh sebab itu dari keunggulan ini, para web developer memilih untuk menggunakan CodeIgniter dibandingkan dengan framework PHP lain.

2. Konfigurasi yang Sederhana

Pada CodeIgniter, para web developer dapat melakukan konfigurasi file dengan lebih sederhana. Konfigurasi pada CodeIgniter yang sederhana merupakan keunggulan lain yang dimiliki oleh framework PHP ini. Anda hanya perlu melakukan perubahan simpel pada config jika ingin melakukan konfigurasi.

3. Banyak Komunitas

Dari sekian banyaknya komunitas CodeIgniter, para web developer dapat bertukar pikiran, berbagi informasi, serta mendapatkan wawasan baru terkait dengan framework PHP yang satu ini.

4. Dokumentasi yang Lengkap

Terdapat dokumentasi yang cukup lengkap jika Anda ingin melakukan instalasi pada CodeIgniter.  Dokumentasi tersebut berupa user manual yang lengkap dan dapat dengan mudah Anda pahami.

Lowongan Web Developer 



Jika Anda seorang web developer yang menguasai PHP dan sedang mencari pekerjaan, jangan ragu untuk bergabung bersama Kami. Saat ini, Logique sedang membuka lowongan kerja web developer dan Technical Consultant. Kami juga membuka lowongan bagi para web developer untuk cabang Kami di Yogyakarta. Pada Logique, kesempatan untuk bekerja secara remote sangat terbuka lebar bagi para web developer. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tanggung jawab dan persyaratan kedua lowongan tersebut, silakan kunjungi tautan berikut: Lowongan Kerja Web Developer Logique

Jika Anda tertarik untuk mengisi lowongan yang tersedia, silakan daftarkan akun Anda (sign up) pada situs platform rekrutmen karyawan Kami melalui tautan ini: Sugoi Saiyo
Setelah itu, pilih opsi “Register Your CV” dan ikuti langkah-langkah berikutnya. Anda akan Kami hubungi melalui e-mail apabila Anda lolos ke tahap selanjutnya.
Logique dapat memberikan Anda pengalaman kerja yang menantang dan berbeda. Sebab, Kami telah menangani berbagai macam klien dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Untuk informasi selengkapnya mengenai tanggung jawab dan persyaratan kedua lowongan tersebut, silakan kunjungi tautan berikut: Logique Digital Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar